Obama di Jakarta, Bali Siaga Satu

DENPASAR--MICOM: Polda Bali menetapkan status siaga satu saat Obama berkunjung ke Indonesia selama tanggal 9 hingga 10 November 2010.

Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol Gede Sugianyar tadi siang mengatakan, sekalipun Obama tidak berkunjung ke Bali, namun Bali tetap menetapkan status siaga satu.

"Penetapan status siaga satu tersebut dilakukan untuk menjaga dan mengantisipasi berbagai tindakan terorisme dan kejahatan lainnya di Bali agar situasi keamanan dan kenyamanan di Bali selama Obama berada di Indonesia tetap kondusif," ujarnya.

Menurut Sugianyar, walau Obama tidak berkunjung ke Bali sebagaimana yang pernah diagendakan sebelumnya, namun selama Obama berada di Indonesia status Bali tetap siaga satu. Penetapan siaga satu tersebut sudah dilakukan sejak Senin (8/11).

Akibat penetapan siaga satu tersebut maka seluruh aparat yang di Bali akan memperketat pengamanan di seluruh pintu masuk ke Bali baik pintu masuk resmi seperti pelabuhan, bandara, terminal, maupun pintu masuk ilegal seperti pelabuhan tikus yang tersebar di seluruh pantai di Bali. Polda Bali juga sudah mengerahkan 2/3 kekuatan aparat untuk melakukan pengamanan tersebut.

Selain pengamanan pintu masuk ke Bali, pengamanan juga diperketat di seluruh kawasan wisata di Bali. Pengamanan tersebut difokuskan di Kuta, Nusa Dua, berbagai tempat hiburan yang ada di kawasan wisata di Bali.

Seluruh Polsek yang ada di seluruh Bali juga terlibat secara langsung untuk melakukan pengamanan tersebut. Seluruh kendaraan baik roda dua maupun roda empat akan dirazia aparat kepolisian terutama yang memasuki kawasan wisata dan tempat hiburan malam lainnya. (OL/X-11)