Menelusuri Bekas Area Ibukota Kerajaan Majapahit

Trowulan ~ Jawa Timur



Quote:
Sekilas

Majapahit adalah sebuah kerajaan di Indonesia yang pernah berdiri dari sekitar tahun 1293 hingga 1500 M. Kerajaan ini mencapai puncak kejayaannya dan mejadi Kemaharajaan raya yang menguasai wilayah yang luas pada masa kekuasaan Hayam Wuruk, yang berkuasa dari tahun 1350 hingga 1389.

Kerajaan Majapahit adalah kerajaan Hindu-Buddha terakhir yang menguasai Nusantara dan dianggap sebagai salah satu dari negara terbesar dalam sejarah Indonesia. Kekuasaannya terbentang di Jawa, Sumatra, Semenanjung Malaya, Kalimantan, hingga Indonesia timur, meskipun wilayah kekuasaannya masih diperdebatkan.
Source:Wiki

Spoiler for Area Kekuasaan Majapahit:
Quote:
Lokasi

Sisa-sisa Kerajaan Majapahit saat ini dapat kita temui di Desa Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur. Desa ini terletak perbatasan antara Mojokerto dan Jombang. Untuk mencapai Trowulan sangat mudah, dari Surabaya agan dapat menggunakan angkutan umum berupa bis dari terminal Purabaya (Bungur Asih). Agan dapat menggunakan bis yang menuju Tulungagung atau Trenggalek. Dengan membayar biaya Rp.7.000 saja agan akan sampai di Desa Trowulan, Mojokerto
Quote:
Trowulan

Gambar di bawah menunjukkan peta lokasi situs bekas kerajaan Majapahit. Sangat banyak situs yang dapat agan kunjungi di Area Majapahit ini, dan apabila ingin lengkap mengunjunginya satu per satu, satu hari saja tidak akan cukup. Dari bis yang agan naiki, saran saya, turun yang saya beri tanda bintang (Perempatan Trowulan).
Spoiler for Trowulan Archeological Map: